Uniknya Run To Remember, Lari 5K Untuk Mengingat

Banyak alasan untuk ikut kegiatan lari. Penasaran untuk ikut Run To Remember, kegiatan lari pertama di Indonesia yang menempatkan isu HAM dan keadilan? Sambil berlari sejauh 5 kilometer, peserta diajak untuk mengingat, peduli, dan mempertanyakan kasus-kasus HAM dan ketidakadilan yang terjadi dalam masyarakat.

Run To Remember - Fun Run 5K

Run To Remember – Fun Run 5K

BELAKANGAN ada banyak kegiatan lari. Mulai dari #BajakJKT, Run for you life, Color Run, Run for Cervix, dll. Bahkan ada komunitas lari seperti Indorunners yang aktif melakukan kegiatan lari. Situs berisi informasi lari pun banyak, salah satu yang cukup terkenal dunialari.com Di dalamnya ada banyak informasi, mulai dari jadwal, tips, bahkan konsultasi.

Akhirnya kegiatan lari ini jadi terlihat seperti demam, maksudnya cepat menyebar kemana-mana. Sebetulnya istilah demam kurang begitu bagus ya. Mungkin cukup disebut saja tren yang digemari generasi muda.

Tapi menurut saya ada acara lari yang cukup unik. Namanya Run To Remember yang diadakan oleh Barisan Pengingat. Ini merupakan kegiatan lari pertama di Indonesia yang menempatkan isu HAM dan keadilan sebagai dasar dan tujuan kegiatan. Dengan berlari bersama sejauh 5 kilometer, peserta diajak untuk mengingat, peduli, dan mempertanyakan kasus-kasus HAM dan ketidakadilan yang terjadi dalam masyarakat.

Run To Remember akan diadakan pada 2 Februari 2014, mulai pukul 07:00 WIB dengan mengambil rute mulai dari Halte Busway GBK sampai dengan Jalan Imam Bonjol. Acara ini terbuka untuk umum. Tokoh terkemuka dari berbagai profesi akan turut serta ambil bagian, mulai dari sastrawan, musisi, aktor, seniman, jurnalis, aktivis, hingga akademisi. Sejumlah nama populer seperti presenter TV Timothy Marbun, model Dinda Kanya Dewi, musisi Tiga Setiagara, sastrawan Okky Madasari dan lain-lain dikabarkan, meski belum terkonfirmasi secara terbuka, akan ikut berlari dalam Run To Remember.

poster-R2R

Saya pikir kegiatan ini bukan saja unik dan menarik, tetapi juga penting. Bukan saja demi kesehatan fisik, tetapi siapa tahu bisa juga mengobati kesehatan ingatan kita yang kerap lupa apa yang terjadi di masa lalu bangsa ini. Apalagi acara lari ini diadakan oleh Barisan Pengingat, sebuah gerakan kebudayaan dari generasi muda yang mengingat dan peduli nasib negeri ini. Dalam situsnya di pengingat.org mereka menyatakan kehadiran Barisan Pengingat dilandasi atas masih kerap terjadinya kekerasan terhadap kemanusiaan, penghilangan paksa, pembunuhan, dan penindasan terhadap kaum minoritas sampai saat ini dan menimbulkan kegelisahan. Dari kegelisahan tersebut lahir dorongan untuk bergerak bersama dan mengambil peran dalam upaya menuntut penyelesaian kasus pelanggaran HAM dan melawan ketidakadilan. Alih-alih Barisan Pengingat melakukan demonstrasi sebagai bentuk kegiatan, tetapi malah melakukan dengan kegiatan lari yang seru Run To Remember.

Penasaran kan? Saya juga. Makanya saya tidak sabar menunggu acara lari ini segera terjadi. Bagi penyuka lari, pendaftaran peserta masih dibuka secara online. Silakan mampir ke situs mereka ya untuk Daftar Online Run To Remember.

[dam]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s