Obrolan Sore dengan Didi Nugrahadi, Legenda Social Media di Indonesia

Akrab dengan detik.com, Inmark Consulting, SalingSilang.com? Kini saatnya untuk kenal juga dengan Didi Nugrahadi, sosok di balik kelahiran brand-brand digital itu. Termasuk juga kenalan dengan Beritagar.com brand new media terbarunya.

Didi Nugrahadi, Founder Beritagar.com

Didi Nugrahadi, Founder Beritagar.com

NAMA Didi Nugrahadi buat saya sudah tak asing. Malah setiap kali saya ketemu teman, entah itu yang sedang menggarap aplikasi mobile, dalam diskusi online journalism, atau perkembangan social media di Indonesia, nama Didi Nugrahadi ini pasti mencuat atau terselip dalam obrolan. Tapi saya sekalipun belum pernah ketemu orangnya. Kalau di ranah twitter, memang mudah menemukannya. Cari saja akun @didinu dan langsung muncul, tapi susah menemukan yang mana wajahnya. Alih-alih pasang foto sendiri, yang dipajang di profilnya malah foto Rossi di motorGP. Tapi saya tidak putus asa, suatu hari pasti bisa jumpa selagi masih hidup.

Justru yang tak bisa diduga saya malah benar-benar ketemu Didi Nugrahadi hari Selasa, 28 Mei 2013 lalu. Faktor kebetulan? Ah, tidak juga. Ceritanya begini. Sehari sebelumnya, saya sempat menandai posting Donny Verdian di twitter. Di akun @dv77 tertera ada wawancara dengan Didi Nugrahadi soal Industri Social Media Indonesia belum siap. Hasil wawancara dengannya bisa dibaca di blog donnyverdian.net ini. Tapi karena seharian itu saya harus mengawasi proses editing iklan, apa boleh buat baru bisa baca di hari berikutnya.

Pertanyaan Donny Verdian lebih fokus ke soal SalingSilang.com yang berita penutupannya menggemparkan jagat social media di Indonesia. Okelah, pilihan kata menggemparkan agak berlebihan. Tapi buat saya yang waktu itu cukup akrab dengan SalingSilang.com gara-gara banyak dibantu SalingSilang.com saat kampanye Pak Raden, Pram’s Day, dan memamerkan #Twitteriak di Social Media Festival, berita penutupan itu signifikan. Nah, dalam wawancara itu Donny mengumpan banyak pertanyaan yang singgah di kepala orang dan Didi Nugrahadi sebagai mantan CEO SalingSilang.com didaulat untuk menjawab.

Singkatnya, lewat Twitter saya ucapkan terima kasih untuk Donny Verdian dan Didi Nugrahadi karena ada banyak yang bisa saya petik dari wawancara itu. Tutupnya SalingSilang.com ternyata tidak serta merta menutup banyak inisiatif New Media yang (pernah) ada di dalamnya.

Twitteran saya dan @didinu Selasa, 28 Mei 2013

Twitteran saya dan @didinu Selasa, 28 Mei 2013

Ternyata ucapan terima kasih itu dibalas dan malah berujung dengan undangan untuk mampir ke Langsat. Langsat yang dimaksud Didi Nugrahadi adalah nama jalan tempat kantor SalingSilang.com dulu. Di SMS, Didi Nugrahadi malah mengatakan malam itu akan ada Obrolan Langsat @obsat salah satu offline event yang tetap bertahan meski SalingSilang.com sudah ditutup. Saya diminta datang lebih cepat sehingga bisa ngobrol.

Karena jadwal kantor agak kosong pasca editing dan pulang pagi, saya bisa leluasa ke arah Blok M dan kemudian ke Jl. Langsat. Masih sepi saat saya tiba, tetapi di bawah tenda, proyektor dan backdrop Obrolan Langsat sudah dipasang. Ada angkringan, bubur, dan cendol. Tapi saya memilih duduk dulu, menunggu Didi Nugrahadi keluar dari kantornya.

Berkaos kerah warna jingga, tampak santai, gemar mengumbar senyum, Didi Nugrahadi keluar menemui kawan-kawannya. Anto Motulz yang pertama disapanya. Tak lama, saya maju dan menjabat tangannya. Nah, ketemu juga pada akhirnya!

Buat saya, menjabat tangan pria yang bersama-sama Budiono Darsono, Abdul Rahman, Yayan Sofyan, ikut mendirikan kantor detik.com di stadion Lebak Bulus dulu pada 9 Juli 1998 itu, seperti pertemuan dengan seorang legenda social media di Indonesia. Beruntung saya tidak jatuh pingsan karena terlalu senang. Obrolan dibuka dengan menanyakan asal dan soal pekerjaan sehari-hari. Ternyata kenal salah satu bos di kantor saya sekarang. Lho, ternyata ya dunia yang digelutinya juga punya singgungan dengan pekerjaan saya sekarang. Saling tukar info, tukar pertanyaan, dan saya berusaha menebak berapa usia Didi Nugrahadi ini sekarang, berapa jauh perbedaan umur antara kami. Pertanyaan itu seliweran saja tak terjawab sambil ngobrol soal social media, tabiat klien, kegagapan biro iklan, kekaguman pada sistem tracking informasi SX Index, dan lama-kelamaan Obrolan Langsat sepertinya dimulai.

Sambil ngobrol, saya juga panggil Rahadian P. Paramita @prajnamu yang cukup akrab saya kenal di twitter tapi juga sekalipun belum pernah ketemu karena beda jarak antara Jakarta-Bandung. Dian ternyata ada di dalam kantor dan segera gabung dalam obrolan saya dengan Didi Nugrahadi. Ini betul-betul kejadian langka. Bertemu teman, sekaligus bisa ngobrol dengan legenda. Apa yang bisa lebih keren dari itu semua?

Yang khusus diceritakan Didi Nugrahadi ke saya justru tentang Beritagar.com. New media garapan Didi Nugrahadi ini menawarkan cara baru menikmati berita dengan mengusung sidestream story lewat rangkaian foto. Beritagar.com hanya dikerjakan oleh 9 orang dan secara native bekerja di smartphone. Kepada saya, Didi bercerita tentang bisnis model, rencana marketing ke depan, termasuk rahasia dapur Beritagar.com yang ia istilahkan dengan “ngamen”. Saya yang justru terkejut dengan keterbukaannya. Untuk orang yang baru kenalan, Didi Nugrahadi membagikan begitu banyak informasi penting tentang apa yang sedang dikerjakannya ini. Padahal saya juga tidak bisa memberi apa-apa selain mendengarkan.

Namun, saya mencoba belajar dari obrolan sore itu. Pelajarannya adalah bahwa legenda social media sekalipun masih berjuang untuk menggapai idealisme yang ia angankan. Maka untuk mereka yang masih pemula seperti saya, berjuang melalui proses itu merupakan keharusan. Tak ada jalan pintas.

Usai Obrolan Langsat, saya sudah susah menemukan Didi Nugrahadi. Mungkin pulang lebih awal. Saya juga lupa foto. Bagaimanapun juga, saya ingin berterima kasih ke Didi Nugrahadi karena saya sudah boleh belajar dan masih ingin belajar lebih banyak lagi bila diizinkan. Rasa dahaga saya akan New Media cukup banyak terjawab dalam obrolan sore di hari Selasa itu, tetapi juga menerbitkan dahaga baru.

[dam]

Tentang Beritagar.com, cek video ini:

Tinggalkan Balasan

