Semeja dengan Google Indonesia

Orang boleh bermimpi ketemu artis pujaan, pesohor terkenal. Saya juga punya mimpi semacam itu. Setahun lalu saya punya keinginan bisa kontak dengan Google. Apalagi tahun lalu,  Google resmi buka kantor di Indonesia. Tapi keinginan itu tak terwujud. Saya hanya bisa menyaksikan kolega saya datang di welcome party Google.

Bagi saya,  Google itu sepenting udara dan air. Banyak produknya saya pakai secara aktif,  tak hanya search enginenya yang menyebarkan pengetahuan, saya suka dengan inovasi digital yang diusung perusahaan ini.

Itu sebabnya saat dapat kabar ada undangan makan malam dari Google Indonesia, jantung saya terasa berdebar. Ini mimpi atau bukan?

wpid-screenshot-1360579312550

Undangan ini saya terima lewat telepon dan SMS mas Indriyanto Banyumurti. Isinya saya diajak makan malam di Bebek Bengil, daerah Menteng dengan Mike Orgill, Google Southeast Asia Policy and Government Affair. Mau kenalan. Apa?

Perkenalan
Mike Orgill memang ternyata punya banyak kenalan di sini. Saya pikir dia tahu siapa yang harus didekati, membuka jaringan dan lainnya. Selain saya, ada ICT Watch, Relawan TIK, Koalisi Aids, CIPG, Idola, dan lainnya. Ini tentu positif.

image

Malam itu Mike memperkenalkan Shinto Nugroho, head of Google Indonesia yang baru diangkat Januari 2013 lalu. Selebihnya ia lebih banyak mendengar. Sebaliknya Shinto lebih banyak berbicara mewakili Google. Topik yang dibahas memang menyangkut nama baik Indonesia di forum internasional. Shinto ini ternyata teman sekampus tetapi beda jurusan. Cukup paham ribetnya policy making di Indonesia — mungkin itu alasan dia diangkat. Tapi sama seperti saya, kami sama-sama tak paham dunia digital. Cuma paham sejumput.

Saya amat bersyukur bisa kenalan dan atas makan malam itu dan terima kasih untuk Google Indonesia atas traktirannya. Meskipun menyisakan pertanyaan: jadi saya diundang karena apa?

[dam]

14 responses to “Semeja dengan Google Indonesia

  1. Ketemu dengan petinggi perusahaan keren seperti google tentu membanggakan. Apalagi sambil makan enak begitu, hehe..
    salam mas Damar.

  2. Kebetulan Agustus lalu ke markas mereka di Mountain View, California.

    Office visit selama 3 jam ditemani berkeliling oleh salah seorang network manager ke Google Campus yang terdiri dari beberapa bangunan. Memasuki dan memfoto ruang kantor yang memang boleh didokumentasikan.

    Awalnya excited tapi begitu selesai kenangan tidaklah terlalu membekas.

Tinggalkan Balasan

