Saatnya Membuat Mobile Apps Sendiri!

Derap evolusi digital bergerak begitu cepat. Bukan dalam hitungan tahun tapi dalam hitungan detik. Sejurus bisa dikatakan ada revolusi di setiap detiknya. Setiap saat lahir ide-ide baru dengan memanfaatkan kemajuan dan konvergensi teknologi digital.

Inkubator developer muncul dimana-mana, melahirkan developer-developer baru yang berupaya masuk dengan menawarkan ide segar ke masyarakat digital. Salah satu yang kian tumbuh adalah ide-ide segar membuat mobile apps untuk smartphone/tablet (iPhone, iPad, android, BlackBerry, dll.)

Pada hari Sabtu, 2 Februari 2013 saya terdaftar sebagai peserta training #Mobilisasi yaitu belajar membuat mobile apps HTML5 untuk android. Keterlibatan saya karena melihat tawaran dari mas Oon lewat akun twitter @OonID yang mau berbagi ketrampilan koding HTML5 via Phonegap ke siapapun yang berminat meskipun bukan developer. Caranya cukup mengirim email pendaftaran dan membaca bahan dasar mengenai HTML dan CSS di situs http://oo.or.id


image

IMG-20130202-00058

Bersama Robi seorang graphic designer di gantibaju.com dan Isram mahasiswa teknik informasi Universitas Gunadarma, saya diajarkan menggunakan Phonegap (http://phonegap.com) sebuah mobile apps developer berbasis open source.

Hello World
Langkah demi langkah diperkenalkan sampai saya bisa membuat aplikasi sederhana: Lux.

image

Lalu belajar membuat device information dengan koding sederhana.

image

Sampai akhirnya membuat sebuah daftar sederhana.

image

Selebihnya kami disarankan belajar dari situs Oo.or.id dan Github.com untuk mengasah bekal tadi menjadi mobile apps yang diinginkan.

Butuh waktu memang untuk membiasakan diri membuat koding mobile apps via Phonegap. Tapi saya yakin, seiring dengan waktu dan latihan lama-lama akan bisa menguasainya. Terima kasih mas Oon atas sharing ilmunya.

[dam]

4 responses to “Saatnya Membuat Mobile Apps Sendiri!

  1. Mengapa JQM + Phonegap di Android Lemot….pindah page transisi juga ga ada efeknya.. jeda sekitar 15 detikan baik di emu maupun di device beneran….ada usul lain kah selain JQM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s